Kamis, 24 November 2016

Kalau Gerrard Ingin Jadi Manajer, Ini Saran Klopp

www.juara303.com

Agen Bola Online - Steven Gerrard disebut-sebut bakal menempuh jalur manajer setelah pensiun. Manajer Liverpool Juergen Klopp punya saran untuk Gerrard.

Gerrard baru saja mengumumkan gantung sepatu di usia 36 tahun setelah kontraknya bersama Los Angeles Galaxy habis. Setelah menghabiskan 18 tahun kariernya di lapangan hijau, banyak yang bertanya apa yang akan Gerrard lakukan setelah ini.

Isu paling kencang adalah Gerrard bakal terjun di dunia kepelatihan karena dalam 1-2 tahun belakangan, dia sudah mengambil kursus di bidang tersebut. Bahkan Gerrard mengaku sempat ditawari posisi itu oleh klub League One, MK Dons, namun ditolaknya.

Dalam beberapa waktu terakhir Gerrard disebut-sebut akan kembali ke Liverpool dan masuk jajaran staf pelatih. Jika benar Gerrard menginginkan hal itu, Klopp akan dengan senang hati membantunya.

Adalah tim junior Liverpool yang disebut-sebut akan jadi awal mulai karier Gerrard sebagai pelatih. Menurut Klopp, jalur tersebut paling tepat untuk Gerrard untuk menimba pengalaman di dunia kepelatihan.

"Situasinya sama seperti Giggs di Manchester. Ke mana dia setelah ini? Tapi jika Anda ingin mereka duduk di bench, maka biarkan mereka bekerja dan jangan perlakukan mereka seperti saat masih jadi pemain," ujar Klopp seperti dikutip Soccerway.

"Ini sedikit saran dari pesepakbola yang biasa-biasa saja," sambungnya.

Sambil memberi saran untuk Gerrard, Klopp juga turut menceritakan awal kariernya sebagai pelatih di Mainz pada 2001 silam. Saat itu orang-orang bahkan belum mengenal siapa sosok Klopp yang memang bukan pesepakbola top di Jerman.

"Di awal-awal karier saya di Mainz, orang-orang pun tak akan melihat jika saya telanjang saat latihan. Meski saya tidak melakukan seperti itu."

"Tentu saja akan membantu jika orang-orang memaklumi kesalahan-kesalahan Anda. Hal terbaik yang Anda bisa lakukan adalah belajar dari hal-hal yang benar dan salah."

"Di laga pertama Anda, bikin keputusan yang salah, lalu Anda belajar dan ini semua soal mengumpulkan poin, bertahan di liga, lalu memenangi liga atau apapun."

"Orang-orang tidak ingin selalu tahu apa kegiatan Anda sehari-hari, 'apa kabar?' Terkadang kami sendirian dan harus sedikit bertarung untuk kepentingan publik, khususnya di Mainz," tutupnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar